MEMBERI SUSU PADA BAYI KUCING


MEMBERI SUSU PADA BAYI KUCING

Bayi kucing yang dipisahkan dari induk (orphan cat) cara pemeliharaannya seperti kita menyapih anak. Lebih baik lagi jika kita punya kucing yang juga sedang dalam masa laktasi (menyusui) karena kandungan air susunya masih ada. Dan lebih baik lagi jika kondisinya sama dengan si induk (baru melahirkan juga), karena ada kandungan kolostrum yang berguna bagi imunitas si bayi tersebut.

Bila alternatif tersebut tidak ada dan kita harus segera memberi susu pada bayi kucing, berikut adalah beberapa tips terbaiknya.
  • Sediakan brooder (tempat penghangat) yaitu bisa berupa tempat tidur yang disetting senyaman mungkin dan sehangat mungkin untuk tidur. Sistem yang digunakan bisa menggunakan bedding (tempat tidur) berupa kain apa saja yang bekas tapi bersih. Suhu lebih baik yang hangat, seandainya suhu di luar dingin, lebih baik tempat tidurnya dibawa masuk ke dalam ruangan (rumah).
  • Beri dia susu jolong, 0.25 - 0.5 liter susu sapi, susu bubuk atau susu kambing, tambahkan minyak ikan, 1 butir telur ayam dan setengah sendok makan gula pasir. Aduk hingga rata dan berikan 200-300cc/hari. Susu bisa diberikan dengan botol susu dot, atau dituangkan, atau dengan di plastik, yang ujungnya dibuat seperti ambing.

    Cara membuat susu tambahan untuk anak kucing lebih dari dua hari sbb :
    • Susu buatan dibuat dart 3-4 sendok makan susu bubuk (Skim), 250-300 cc air matang hangat tambahkan mentega din 1/2 sendok makan gula pasir.
    • Aduk hingga merata dan berikan untuk satu hari.
    • Adakalanya kita tidak ingin repot, cukup sediakan susu biasa saja, dengan frekuensi pemberian secukupnya.
    • Kucing cepat sekali lapar, tapi cepat juga kenyangnya. Jadi harus bijaksana dalam pemberian susunya.
  • Untuk makanan, jangan diberikan langsung. Kita harus memberikan tekstur yang halus dahulu, misalnya ikan kita coba buat kecil-kecil berbentuk bolus agar bisa dimakan, atau di cacah-cacah. Dirangsang dulu biar mau makan. Jangan terlalu banyak, nanti akan kekeyangan dan terus muntah. Hati-hati, jangan diberi makanan basi, nanti dia keracunan penyakit botulism.
  • Rawat dia sebaik mungkin. Jangan dimandikan pada usia-usia awal. Ada baiknya rawat agar kutu tidak nempel di tubuhnya. Bila ingin pemberian obat anti kutu, harus konsultasi dengan dokter hewan. Salah pemberian obat, dapat menyebabkan kematian anak kucing tersebut.
  • Ajak dia bermain. Ingat, bermain akan membuat dia sehat dan lincah. Kegiatan playing (bermain) juga dapat melatih kucing itu agar nurut pada kita. Toh, kita tidak ingin kucingnya jadi nakal, sehingga cara mendidiknya melalui permainan.
  • Ajari dia cara buang air. Kucing kecil harus dibiasakan untuk buang hajat di tempat yang ditentukan. Kita dapat menyediakan pispot kecil buat buang air. Caranya dapat kita cari kardus diisi alas untuk menampung tanah, sehingga bisa diganti tiap seminggu sekali.


17 komentar:

Kadar nutrisi dan khasiat susu kambing amatlah istimewa. Komposisi gizinya baik yang berupa protein, energi, maupun lemak, mendekati komposisi ASI. Susu kambing mengandung 3 s/d. 4 % Protein, 4 s/d 7 % Lemak, 4,5 % Karbohidrat, 134 gram Kalsium, dan 111 gram Forfor (dalam setiap 100 ml susu kambing).

Molekul lemak susu kambing pun jauh lebih kecil dan homogen, sehingga lebih mudah dicerna tanpa menimbulkan diare. Jadi, susu ini bebas lactose intolarence (kepekaan terhadap laktosa penyebab diare bagi yang tidak biasa minum susu). Karenanya, susu kambing cukup potensial bagi perbaikan nutrisi.

Menurut para ahli juga menyatakan bahwa butiran lemak yang terdapat pada susu kambing berukuran antara 1-10 milimikron (ini sama dengan susu sapi), namun yang membedakan adalah jumlah butiran lemak yang terdapat pada susu kambing lebih memiliki ukuraran berdiameter kecil dan bersifat homogen. Inilah mengapa susu kambing sangat direkomendasikan dan sangat mudah dicerna dan lebih aman bagi pencernaan

Bolehkah beri kucing minum susu pekat manis dalam tin kerana tiada susu bubuk?...contoh ambil sedikit susu pekat manis dan kacau dengan air suam lepas tu bagi ke kucing....Dan adakah beri minum susu ini boleh memberi kesan kepada anak kucing itu?...

Bolehkah beri kucing minum susu pekat manis dalam tin kerana tiada susu bubuk?...contoh ambil sedikit susu pekat manis dan kacau dengan air suam lepas tu bagi ke kucing....Dan adakah beri minum susu ini boleh memberi kesan kepada anak kucing itu?...

boleh, lebih boleh lagi formula yang khusus untuk kucing. karena apabila kita beri dia susu pekat manis, itu dapat merubah poop dia.

Terima kasih Julian untuk artikel ini dan terima kasih juga kerana sudi menjawab pertanyaan saya...Ia sangat berguna buat saya...

Bagaimana menangani anak kucing umur 3 Minggu,kemarin saya beri susu khusus anak kucing tapi takaran susunya berlebih jadinya anak kucing lemas dan bab banyak dan berwarna putih,sampe skrg masih lemah dan gak mau minum susu lagi,mulutnya gak mau di buka mohon bantuannya

Awal nya bingung lama kelamaan saya pun mengerti alhamdulillah smpe detik ini kesetianku pada kucing sangat aku sayangi

Awal nya qu bingung lama kelamaan aq pun mengerti & Alhamdulillah sampei detik ini kesetianku pada kucing yang aku sayangi terinspirasi ABU Hurairoh

Berarti susu kambing itu bagus ya buat kucing, meskipun kucingnya masih kecil, masih berumur sekitar 4 minggu

Berarti susu kambing itu bagus ya buat kucing, meskipun kucingnya masih kecil, masih berumur sekitar 4 minggu

Dodol dah, ini artikel update infonya deh bakal bikin anak kucing mati kalau diikutin. Susu yang hanya boleh buat anak kucing itu susu yang formulanya khusus buat anak kucing. Masa dikasih susu kambing?? Mau butiran apa kek itu ga pantas dikasih anak kucing, bisa bikin dia sakit. Masa dikasih susu kaleng? Emg anak kecil? Tolong yah jangan main seolah2 lo tuh dokter hewan, "bisa kok" "bisa ini bisa itu". Tuh nyawa yang ada ditangan orang!

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com

tuh yang koment yang bener dong..masak kucing buat coba2..kan udah ada di pet sob susu khusus anak kucing

Maaf, saya salah 1 pencinta kucing yg rutin memberikan susu kambing murni fresh dari peternak kambing perah, hasilnya anak kucing berumur 1 bln hingga dewasa gemuk sehat..sudah dibuktikan bukan oleh saya saja..klo masih ragu, silahkan mampir ke t4 saya

Silahkan mas cari artikel lain ttg manfat memberikan susu kambing bagi anak kucing hingga dewasa..jikalau masih ragu, sempatkan main ke t4 saya


Salam

Asslmualaikum..
Maaf mau nnya..kuat berapa lama ya susu kucing yg sdah di seduh

Post a Comment

Apabila ada link yang rusak, Harap di beri tau di sini ya.
thanks