SETELAH BAYI KUCING DILAHIRKAN


Setelah bayi/anak kucing dilahirkan, selanjutnya kita harus memahami cara merawatnya, serta hal-hal apa yang harus segera dilakukan.

Melakukan perawatan anak kucing seperti berikut ini.
  • Membersihkan bayi kucing dari kotoran, terutama pada tali pusar.
  • Setelah dilahirkan, pastikan anak kucing langsung mendapatkan kehangatan. Caranya dengan meletakkan mereka di bawah handuk yang diatasnya terdapat botol berisi air hangat. Hal ini dilakukan karena kondisi mereka sesaat setelah dilahirkan dalam kondisi basah dan lembab, dan jika tidak dilakukan apa-apa suhu tubuh mereka dapat menurun dengan cepat.
  • Tiada yang lebih baik mengasuh anak mereka dibanding ibu mereka sendiri. Maka dari itu setelah anda membersihkan bayi kucing tersebut, segera kembalikan mereka ke induknya.
  • Untuk anak kucing yang baru lahir sangat penting mendapatkan susu pertama dari induknya. Jadi anda tidak perlu bingung. Cukup kembalikan saja ke induknya. Dengan bayi kucing itu mendapatkan susu pertama dari induknya ini, akan melindungi si anak kucing dari infeksi.


Masa Kritis bagi Anak Kucing

Masa Kritis Pertama, adalah usia satu (1) sampai dengan tiga (3) hari.
  • Masa ini benar-benar kritis, karena anak kucing harus dapat menyesuaikan suhu tubuhnya dengan lingkungannya.
  • Selain itu dia juga harus mendapat kolostrum pada saat hari pertama setelah dilahirkan. Kolostrum ini merupakan susu pertama yang keluar dari induknya sampai dengan 5 jam, yang mengandung zat-zat untuk kekebalan tubuh anak-anaknya, sehingga tidak mudah terkena penyakit.
  • Juga susu disaat-saat berikutnya setiap dia perlukan sebagai asupan makan.
  • Jika salah satu ini tidak berjalan bisa dipastikan anak tersebut tidak bisa bertahan hidup.

Masa Kritis Kedua, adalah usia tiga (3) sampai empat belas (14) hari.
  • Bila masa kritis pertama terlewati dengan baik, selanjutnya adalah masa hukum alam, dimana yang kuat akan menang dan yang lemah akan tersingkir.
  • Maksud dari masa ini, anak-anak kucing akan bersain mendapatkan susu induknya dengan persaingan yang sangat keras. Terkadang yang lemah akan sulit mendapatkan susu.
  • Jika hal ini dibiarkan tanpa bantuan kita untuk yang lemah, maka yang lemah tersebut tidak akan bisa bertahan hidup.
  • Oleh karena itu, kita harus membantunya, dengan cara mencarikan puting susu induknya dan menjaga agar dia bisa menyusui. Atau bisa juga dengan memberi susu formula khusus kucing dengan cara disuapkan.
  • Sebagai pemeliharanya, kita wajib memperhatikan proses menyusui di periode ini.


Tiga hal lainnya yang sering dilupakan, padahal sangat penting dan wajib anda lakukan setelah kucing dilahirkan yaitu :
  • Pertama, menentukan jenis kelamin si anak. Untuk mengetahuinya cukup angkat ekor. Lalu akan terlihat dua lubang. Nah! jika ke dua lubang itu berjauhan maka itu pasti jantan. Dan sebaliknya jika keduanya berdekatan maka kucing itu adalah betina.

  • Hal kedua adalah menimbang berat badan anak kucing yang dilahirkan itu. Lakukan penimbangan berat anak kucing setiap hari, paling tidak selama 3-4 minggu.
  • Hal ketiga adalah memberi nama masing-masing anak/bayi kucing tersebut. Setelah diberi nama, selanjutnya biasakan memanggilnya dengan nama tersebut sejak bayi. Memberi nama pada bayi kucing yang lebih dari satu bayi, juga akan membuat kita tanpa sadar mengenal masing-masing bayi tersebut dengan lebih detail (lebih rinci), sesuai ciri masing2 bayi.


Sebenarnya untuk melakukan perawatan pada anak kucing yang baru lahir itu gampang. Biarkan saja dia bersama induknya. Dan jangan ganggu mereka. Tahanlah perasaan gemes dan lucu terhadap si anak kucing setidaknya sampai 2 minggu. Walau begitu jangan dibiarkan begitu saja lihatlah sekali-kali jika ada sesuatu yang tidak beres.

Cara merawat anak kucing, setelah lahir anak kucing harus diberi makanan yang alami (susu ibu) dalam waktu 10-20 menit. Jangan lupa untuk juga memberi makan induk kucing makanan dan air minum saat dia menyusui anak mereka.

Anak kucing dapat memakan makanan padat pada usia dua sampai tiga minggu. Sisihkanlah uang untuk memberi mereka makanan komersial maupun susu komersial khusus anak kucing. Dalam masa pertumbuhann seperti hindari untuk memberi susu sapi atau susu kambing karena masih belum dapat dicerna dengan sempurna karena mengandunglaktosa.

Salah satu permasalahan pemilik kucing adalah sifat kucing yang selalu buang kotoran sembarangan. Untuk mengantisipasi hal ini sejak dini maka sediakan dua buah nampan untuk mengganti kotoran dan ganti nampan-nampan tersebut secara teratur pada siang hari. Secara alami anak kucing akan membuang kotoran disana pada usia 3-4 minggu.

Untuk induk kucing yang menyusui sebaiknya atau mungkin harus diberi obat cacing setiap bulan. Dan untuk anak kucingnya sendiri harus diberi obat cacing setiap dua minggu. Dimulai pada umur dua minggu sampai berumur tiga bulan.

Anak kucing anda dapat disapih mulai umur delapan minggu. Pada tahap ini induk kucing akan tidak selalu bersama anaknya hingga harus diberi makanan padat.

Supaya nantinya kucing tidak bertindak agresif dengan manusia. Maka anak kucing harus melakukan kontak terhadap manusia pada umur setidaknya dua sampai tujuh minggu.

Supaya kucing tidak menyusahkan anda, Berilah banyak rangsangan baru yang tidak mengancam tentunya. Misalkan saja bunyi-bunyian maupun bertemu dengan binatang lain.

Jangan lupa untuk mengetahui sifat anak kucing, supaya anda dapat menebak suasana hatinya.
  • Jika anak kucing setengah matanya tertutup kemudian memutar sedikit telinganya kesamping itu menandakan anak kucing sedang merasa nyaman.
  • Jika pupil mata membesar itu artinya sedang terkejut.
  • Jika anak kucing mengarahkan telinga dan membuka mata lebar-lebar, itu berarti anak kucing ingin bermain.
  • Jika mendongak dan menggerakkan kepala ke belakang, itu artinya mungkin seseorang sedang mendekatinya terlalu dekat. Jika sedang mengarahkan telinga, memutarnya ke belakang dan juga mengecilkan pupil mata, itu artinya dia sedang gusar.


Ringkasan merawat bayi/anak kucing
  • Untuk 2 hari pertama pasca kelahiran.
    • Pada saat kitten berumur 2 hari, para pemilik harus benar-benar waspada terhadap kondisi kitten (anak kucing). Hal ini dikarenakan zat antibodi pada anak kucing belum maksimal.
    • Bisa dikatakan saat-saat ini adalah saat-saat yang kritis bagi anak kucing.
    • Usahakan sang induk dapat menyusui anaknya, hal ini dikarenakan kitten sangat membutuhkan kolostrum (zat antibodi) yang terdapat dalam susu induknya.
    • Jika sang induk belum mampu menyusukan, maka hendaknya pemilik memberikan susu kucing replacement (bisa dibeli di petshop, tapi ingat harus susu yang mengandung kolostrum).
    • Berikan susu replacementnya tersebut setiap 2 jam sekali.

  • Kitten (bayi kucing) berumur 1 - 3 minggu.
    • Pada saat berumur 1 minggu, tali pusar kitten sudah mulai lepas, sehingga kitten sudah jarang "menangis".
    • Pastikan besar dan berat tubuhnya mengalami pertambahan/pertumbuhan yang signifikan.
    • Pada umur ini mata anak kucing dan telinga mulai terbuka sedikit.
    • Pada umur ini anak kucing bisa dikatakan sudah melewati masa kritis.
    • Bagi pemilik jangan beri apapun pada anak kucing, karena induknya relatif sudah mampu mengurus bayinya sendiri. Dan hal ini dilakukan juga agar induk kucing bisa menggunakan instingnya dalam merawat anaknya tersebut.

  • Kitten berumur 1 bulan.
    • Pada saat berumur 1 bulan Kitten bisa dikatakan "SELAMAT" dan umumnya dapat bertahan sampai dewasa.
    • Pada saat ini, kitten sudah dapat berjalan dan berlari, bahkan sudah mulai bisa diajak bermain.
    • Rangsanglah gerak kitten dengan mengajaknya bermain.
    • Ajarkan kitten untuk buang hajat pada tempat yang seharusnya.

  • Kitten berumur 2 bulan.
    • Pada umur ini, sediakan makanan berkualitas tinggi (khusus kitten). Hal ini dikarenakan pada saat ini kucing sangat butuh banyak nutrisi untuk masa pertumbuhannya.
    • Faktor makanan sangat mempengaruhi bentuk tubuh dan bulu kucing, berikan vitamin bila perlu.

42 komentar:

Permisi sy may bertanya, sblmny sy bercerita

Sy punya kucing kampung yg hamil, perutnya membesar dan sy perkirakan anak yg lahir 4 (dilihat dari besar perutnya). Ternyata kucing tsb tanpa sy ketahui, sdh melahirkan di tempat lain namun menurut tetangga anak yg lahir hny 1. Saat ini sdh berjalan hampir 2 minggu, dan perut si ibu kucing belum juga kempis. Namun sebagian perutnya sdh kendur akibat menyusui.
Apakah anak kucing tsb kemungkinan mati di dalam rahim ibunya? Atau perut besar tsb hny ASI untuk si anak? Trims

artikelnya sangat membantu :D

This comment has been removed by the author.

Kucing saya kadang menyusui kadang tidak main pergy anak ny umur 3 hari

Saya mau tanya jika kucing berumur 2 bulan sudah lepas susu ibu apakah berpengaruh ke pertumbuhannya? Trimakasih

Thanks y,, infony kbetulan ada kucing kampung yg melahirkan dirumah

thanks banget infonya, my kitten lahir 6 sekarang sisa 3 dan usia kitten masih 3mingguan. Semoga gak ada apa, dan gak ada kehilangan my lovely kitten lagi

kak, cara mengatasi perut kendur pada kucing yang baru melahirkan gimana yaa ? kucing saya umurnya baru 6 bulan tapi sudah melahirkan 3 anak , dan satu anaknya sudah mati.

kak, cara mengatasi perut kendur pada kucing yang baru melahirkan gimana yaa ? kucing saya umurnya baru 6 bulan tapi sudah melahirkan 3 anak , dan satu anaknya sudah mati.

Halo, nama saya Victoria Alberto, korban penipuan di tangan kreditur palsu. saya telah kehilangan sekitar Rp45000.00 karena saya butuh modal besar Rp200,000.00. i hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. saya tidak bisa berdiri ini terjadi lagi. Maret 2016, saya bertemu dengan seorang teman yang memperkenalkan saya ke ibu yang baik, Mrs Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mengamankan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. saya juga ingin menggunakan kesempatan ini untuk nasihat sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mengamankan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Mrs Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (victoriaalberto78@gmail.com). jika Anda memiliki keraguan. silahkan dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
Terima kasih.

Kak mau tanya gmn caranya menyusui dg mnggunakan susu utk kucing beli dot nya yg sperti apa?. Krn induk kucing tdk bs memberikan air susunya baru 1 hr anak kucing sudah mati 1.

@merry SIlviani, mba merry bisa membeli susu kucing merk Royal Cannin, karena sudah sepaket dengan Dot serta takarannya.

Saya punya kucing persia dan kampung keduanya sama2 melahirkan tapi kucing persia induknya tidak ada air susunya, apakah boleh anak kucing persia menyusu dgn induk kucing kampung ?

Kucing saya nafsu makan hilang setelah melahirkan..makannya dikit dikit bget.knp ya

Kitten saya udah umur 3mgguan, tp pas sy abis pulang dr kuliah sy cek di jidat atas matanya itu keliatan kering kayak kena jamur. Itu harus sy kasih.apa ya? Makasih

Kasih wet food buat perangsang makannya. Boleh dicampur dengan dry food.

Ada kemungkinan gugur didalam.. kucing ku juga mengalami hal sama, sampe pada akhirnya aku mencium bau mulutnya yg kurang sedap (seperti bau busuk) dan segera aku bawa ke Drh untuk dpt penanganan serius dan benar.. bayi kucing ku mati didalam dan harus suntik induksi untuk mengeluarkan nya

Hallo kak, saya punya 2 anak kucing umur 2 minggu 4 hari, 1 putih, 1 abu-abu. memang yang 1 berwarna putih itu seperti lemah banget, kalah sama yang abu-abu. Dia gak bisa nyusu dan tiap dapet susu selalu di seret sama sodara nya yang gendut. Sampe sekarang tiap mereka nyusu selalu aku pegangin yang gendut supaya si putih bisa nenen juga. Tapi udah 2 minggu badan si putih tetep kurus gak ada perubahan sama sekali sedangkan si gendut abu abu gede banget. Gimana ya caranya biar tau kalau pentil si ibu nya itu keluar susu atau engga? Aku takut nya susu nya gak keluar soalnya perut si putih cungkring banget sementara si abu buncit. Terus aku udah beli royal canin mother and baby cat buat si putih tapi dia gak mau nyedot dot dari rc. Sama temen ku di saranin pake sepetan gitu di cekokin tapi itu aman gak ya? Aku takut kesedak dan sebagainya. Mohon pencerahan nya

Terimakasih informasinya... anak kucing saya ada 5... Alhamdulillah hidup semua..sehat dan gemuk... sekarang usianya sebulan... Alhamdulillah sang ibu pandai mengurus bayinya..

assalamualaikum. saya mau tanya, saya punya kucing yang baru melahirkan 2 hari yang lalu. tapi si kitten tidak mau menyusu, sudah di tempelkan ke puting si induk, si kitten tetap tidak mau. itu knpa ya? apa solusinya? mohon infonya

Assalamu'alaikum, saya mau tanya kucing persia saya tidak mau memakan plasentanya, apa boleh kalau talipusarnya di gunting sendiri mengingat dokter hewan jauh dari kediaman saya ?
Terimakaish

Kita bantu susu dot kucingx?

Assalamualaikum, saya mau tanya saya punya kucing yang habis melahirkan sudah 2 minggu dan saya takut kucing saya ini hamil lagi, saya mau kasih ragi boleh tidak ya soalnya kucing saya lagi menyusui anaknya, apa bakal ngaruh ke anaknya?? Tolong kasih saran atau jawaban ke saya plisss

mau tanya ... saya punya kucing maine coon baru melahirkan ... saya tdk tau klo dia mau melahirkan. ternyata pagi2 di sudah melahirkan di bak pasirnya dan otomatis ari2 dan tali pusarnya kotor dg pasir dan tdk dimakan oleh induknya. kondisi 3 ari2 terbelit satu sama lain susah diurai. bagaimana cara memotong tali pusarnya? apakah bahaya bila dibiarkan saja hingga terlepas sendiri yali pusarnya? mohon bantuanya ... terimksh

Induk kucing saya juga seperti itu tidak memotong tali pusar dan ari2 nya malah terbelit di tangan.
Kasian anak kucing nya, tapi si induk masih mau menyusui hanya saja tidak mau memutuskan tali pusar dan ari ari nya.
Mohon bantuan nya bagaimana. Thnks

Kucing retangga saya melahirkan dbawah kolong runah saya. Terapi induk nya tidak mau memakan ari2 nya, otomatis ari2 ny masih nyatu dengan tali pusar nya, sya ingin memotong nya tpi saya takut kucing nya mati, tolong minta saran nya karna induk nya tidak mau mendekati anak nya, saya kasihan melihatnya

hallo kak, mau nanya dong. kucingku cacingan pas lagi nyusui. obat cacing yang boleh d berikan apa ya? niatnya mau saya belikan drontal, tapi takut bahaya. terus saya baca di artikel, cacingan bisa nular ke kitten nya. obay cacing untuk kittennya apa ya?

Halooo.... sy mau bertanya semoga anda bs membantu.. 😊

salah satu dr kitten sy pusernya belum puput padahal sudah mengering, sudah 2 minggu sejak dilahirkan, lalu sy coba teteskan betadine,, setelah diteteskan betadine sy liat bagian kering dr pusar kitten sy hampir terlelpas, tp ternyata pusar sii kitten ini agak menyembul keluar jd mirip apa yaaa seperti puting kucing tp dgn kemerahan diujung..

sy baru melihat kejadian ini sy coba cari d yutup dan google tp tdk juga ada jawaban...

selanjutnya sy sll perhatikan pusar kitten tsb agak tdk kotor dan sy sll berikan betadine...

Apakah ada suatu masalah pd kitten tsb..?

Terima kasih...

Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

Saya punya 1 iduk kucing yang sudah melahirkan,susu induknya tiba tiba memar dah bengkak tidak lama kemudian susu induknya menanah dah sekarang susu nya hilang 3,saya mau bertanya nih bisa gak ya susu induk kucing saya tumbuh lagi?
Kalau bisa ada kah obat nya?

Kitten umur 2 hari g mw minum induknya dan sekarang lemah,,apakah tidak bisa dipertahankan

mungkin itu jamur kudis atau malah scabies. coba beli obat scabies kudis jamur ada di shopee kok

Boleh di potong..dg gunting yg udah di seterilkan jgn lupa ujung tali ousarnya kasih betadin dan di ikat ujungnya dg benang

Di potong pake gunting yg sudah diseterilkan sisakan 1 cm tali pusarnya.tetesi betadin ujung tali pusarnya lalu ikat dg benang. Setelah 1 mggu tali pusar akan puput sendiri.semoga membantu

Sebaiknya di potong tali pusarnya.sisakan 1 cm lalu ikat dg benang jgn lupa kasih betadine pd ujung tali pusarnya.

Olesi minyak vco selama beberapa hari sampe hilang sakitnya.

Kucing saya umur 3 hari dok tapi tapi pusar nya sudah lepas apakah itu tidak apaa do

Induk kucing yang sedang hamil lagi flu dan batuk,apakah boleh di minumkan obat,dan satu lagi,induk kucing yang baru 2 minggu lahiran apakah boleh di beri obat cacing dan apakah tidak membahayakan ke bayi-bayinya...
Trimakasih

Saya punya kucing umurnya bru beberapa hari, pusarnya udah lepas tapi kok jadi ada kayak lingkaran gitu dalemnya kayak luka yg kering gitu y tapi itu msih kayak bentuk lingkaran trs kayak bengkak sedikit , itu kenpa ya klk boleh tau

Gunting aja mba , saya jg gunting sendiri tapi di jarakin ya jgn samle deket bgt sama lubang pusar

Kalo msh baby baik nya ksh vco .. aman dan alami

Post a Comment

Apabila ada link yang rusak, Harap di beri tau di sini ya.
thanks